Namanya terkenal sebagai deretan orang kaya di muka bumi, namun siapa sangka selain menciptakan karya monumental “Apple”, Steve Jobs pernah mnciptakan produk-produk yang gagal di pasar. Berikut ini deretan produk-produk Steve Job yang gagal di pasaran:

1. Lisa

Lisa dipasarkan pada tahun 1983 dan di design sebagai komputer meja yang hebat namun gagal bersaing dengan IBM PC yang lebih disukai pasar. Harganya yang tinggi yaitu mencapai 9.995 dollar merupakan salah satu penyebab, Lisa sukar terjual di pasaran. Steve Jobs kemudian melupakannya dan membuang sisanya, beberapa fitur Lisa yang berguna tetap dipakai di Macintosh.

 

2. Next Workstation

Next Workstation dipasarkan pada tahun 1989, sasarannya adalah universitas, tapi harganya yang sangat mahal yaitu 6.500 dolar membuat calon pembeli menjauh. Namun, sistem operasinya yang berbasis UNIX terbukti berharga. Apple perlu OS terbaru dan harus memilih antara Be OS yang dikembangkan oleh mantan eksekutif Apple, Jen Louis Gassee dan Next OS Jobs. Bukan Be OS yang dipilih dan Steve Jobs mendapat jalan kembali ke Apple.

3. Cube

Cube yang dipasarkan pada tahun 2000 oleh steve jobs, merupakan karya apik desain industrial. Cube gagal memuaskan kaum profesional kreatif karena tak bisa diperluas, kurang bertenaga dan mahal. Selain itu, kotak akriliknya retak-retak kecil, seolah melambangkan mesin yang indah namun pada dasarnya cacat. Cube ditarik lalu dirancang ulang, dengan hasil akhir komputermini Mac yang populer.

 

 

— Aisyah Adreena

jangan ketinggalan juga berita – berita terhangat dari InfoPerdana.com ,  news

Author

Write A Comment