Allah SWT menciptakan mahluk yang ada di bumi ini tidak sia-sia, melainkan mengandung hikmah didalamnya. Manusia sebagai mahluk yang paling sempurna seharusnya dapat mengambil pembelajaran dari adanya penciptaan mahluk lain, salah satunya adalah lebah.

Lebah yang memiliki nama latin Anthophila memiliki kemampuan dalam menghasilkan madu yang berkhasiat dalam menjaga daya tahan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit karena sifat antibakteri dan antiseptik yang dimilikinya. Walaupun bermanfaat namun banyak orang yang takut dengan sengatannya. Biasanya binatang yang dapat dimanfaatkan oleh manusia bersifat jinak seperti ayam, kambing, kelinci dan yang lainnya, kita tak akan pernah takut untuk menyentuhnya. Namun jangankan menyentuh, bertemu dengan lebah sudah membuat kita lari terbirit-birit. Sebenarnya apa hikmah dari semua itu, berikut ini hikmah yang dapat diambil dari kehidupan lebah:

Hanya memakan sari pati bunga

Gambar terkait

Sebelum menghisap sari pati bunga, terlebih dahulu lebah mengawinkan putik dan benang sari yang ada pada bunga. Lebah hanya memakan sari pati bunga dan tidak pernah kita dapatkan  memakan bagian lain dari tanaman selain bunga apalagi memakan jenis makanan tertentu seperti binatang-binatang pada umumnya.

Hikmahnya adalah sebagai manusia kita dianjurkan untuk memakan makanan yang halalan thoyiban. Karena sari makanan tersebut akan menjadi darah yang mengalir dalam tubuh kita, apa yang kita makan menentukan pola tingkah laku sehari-hari. Jika kita memakan yang halal dan baik maka tingkah laku kita juga akan baik, sebaliknya jika terlalu banyak konsumsi makanan yang haram dan subhat maka tingkah laku kita akan buruk.

Madu yang dihasilkan sangat bermanfaat bagi manusia

Hasil gambar untuk gambar lebah

Madu sangat bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, madu dipakai dalam campuran obat-obat herbal yang berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti batuk dan masuk angin. Madu mengandung karbohidrat, gula, serat pangan, protein air, ribovlafin, niacin, kalsium, besi, asam pantotenat, Vitamin B6, Folat, Vitamin C, Magnesium, Fosfor, Kalium, Sodium, Seng, Energi. Pantas saja jika madu mengandung khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Hikmahnya adalah sebagai manusia kita harus dapat bermanfaat bagi manusia lainnya. Allah SWT menciptakan manusia di bumi ini untuk menjadi khalifah yang mampu mengelola dan memberdayakan sumber daya alam serta mengambil manfaatnya bagi kesejahteraan seluruh umat manusia.

Akan menyerang jika ada yang mengganggu

Hasil gambar untuk gambar lebah mengejar manusia

Walaupun sangat bermanfaat namun lebah juga dapat membahayakan jika kehidupannya diusik atau diganggu. Ketika kita akan mengambil madu, pastikan mereka sudah meninggalkan sarangnya, karena jika masih ada  maka mereka akan menyerang karena merasa hidupnya terancam dan harta bendanya ada yang mengambil.

Manusia juga harus seperti lebah, dapat hidup dengan siapapun dan bermanfaat namun ketika ada yang mengusik maka jangan diam saja, jangan biarkan harkat dan martabat kita sebagai manusia diinjak-injak oleh manusia lainnya.

Hidup bersatu dan tidak pernah sendiri-sendiri

Hasil gambar untuk gambar lebah mengejar manusia

Lebah hidup bersama membangun koloninya, mereka membuat rumah yang dapat dimanfaatkan oleh manusia yaitu madu. Ketika mereka merasa terancam hidupnya, mereka bersatu padu untuk melawan musuh, tidak pernah kita dapatkan lebah hidup sendiri pasti mereka membuat koloni

Melalui aktivitas  ini, Allah SWT memberikan pembelajaran bagi manusia untuk selalu bersatu dalam kebaikan sehingga menghasilkan hal yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Selain itu, Allah SWT hendak memberi pembelajaran bahwa dengan bersatu musuh akan kalah, untuk itu hindari perpecahan atas nama perbedaan. Lebah aja bisa bersatu masa manusia ga bisa??

Implementasi 4 Sifat Rasulullah dalam Aktivitas Bisnis
ANEKA TOPING KUE KERING YANG ENAK UNTUK HIDANGAN LEBARAN
Author

Write A Comment