Melahirkan merupakan peristiwa yang sangat membahagiakan karena sang bayi akan lahir ke dunia, namun kebahagiaan tersebut harus ditebus dengan perjuangan bahkan nyawa seorang ibu menjadi taruhannya. Untuk itu kehadiran seorang suami sangat diharapkan untuk menemani tahap demi tahap dari proses melahirkan. Namun terkadang pekerjaan suami yang tidak dapat ditinggalkan atau  tidak tahan melihat istrinya melahirkan, membuat mereka tidak dapat menemani sang istri melewati tahap demi tahap proses melahirkan. Beberapa situasi kurang mengenakan akan dialami seorang istri yang tidak ditemani suami saat proses melahirkan, berikut penjelasannya:

Merasa tidak bersemangat

Hasil gambar untuk tidak bersemangat

Bayi yang ada dalam perut sang ibu merupakan buah hasil cinta suami dan istri, oleh karena itu dalam setiap proses perkembangan sang bayi mulai dari dalam perut, melahirkan sampai dengan membesarkan maka diperlukan peran keduanya. Sang istri akan merasa tidak bersemangat jika sang ayah tidak mendampingi proses melahirkan, karena merasa tidak mendapat dukungan dari orang yang paling berperan dalam keberadaan sang bayi. Selain itu, sang ibu merasa tidak ada yang memahami kondisi terburuk saat sedang bersalin. Seorang suami sangatlah diperlukan untuk mendampingi proses persalinan untuk memberikan rasa nyaman dan aman. Selain itu, jika ada kondisi darurat bisa segera diambil keputusan.

Mengurangi rasa bahagia

Hasil gambar untuk murung

Berdasarkan penelitian, hormon oksitosin yang ayah miliki akan meningkat pasca kelahiran bayi. Hormon oksitosin adalah hormon yang dapat memicu perasaan bahagia. Dengan demikian jika ayah tidak berada di sisi ibu saat melahirkan maka ketika bayi lahir, sang ayah akan terkurangi rasa bahagiannya karena tidak melihat langsung proses melahirkan sang bayi. Hal ini juga akan menular pada sang ibu karena tidak adanya suami yang akan diajak berbagi kebahagiaan

Tidak ada yang membantu ibu mengurangi rasa sakit saat melahirkan

Hasil gambar untuk rasa sakit ketika melahirkan

Menurut penelitian dari The Fatherhood Institute di Inggris mengungkapkan bahwa ibu akan dapat melahirkan dalam waktu yang lebih singkat dan mengurangi rasa sakit karena adanya sang ayah di samping ibu. Dengan demikian jika ayah tidak berada disamping ibu ketika proses melahirkan maka rasa sakit yang dialami ibu akan berlipat ganda dan proses melahirkan pun akan semakin lama

Tidak ada sosok yang menenangkan

Hasil gambar untuk rasa sakit ketika melahirkan

Keberadaan suami di samping istri saat melahirkan dapat membuat istri lebih nyaman dan tenang. Suami merupakan sosok yang disayangi dan dicintai oleh istri, dengan demikian keberadaannya akan mampu membuatnya lebih tenang dan nyaman. Selain itu, suami juga dapat membisikan kata-kata positif yang sangat dibutuhkan sang istri menjalani tahap demi tahap proses melahirkan.

3 Tahapan dalam Proses Melahirkan secara Normal

3 Tips Mudik Dengan Menggunakan Mobil Pribadi Agar Si Kecil Nyaman

 

Author

Write A Comment